Virdha Dimas Ekaputra

Jumat, 23 November 2007


Chief Executive Rumah Zakat Indonesia

Kepercayaan masyarakat untuk membayarkan zakat dan infaq melalui lembaga amil zakat di Indonesia masih perlu ditingkatkan untuk menjaga kesinambungan manfaat penggunaan zakat dan infaq tersebut.
"Masyarakat yang langsung memberikan zakat atau infaq mereka kepada orang yang membutuhkan tidak dapat menyelesaikan masalah kemiskinan dengan singkat. Tetapi bila melalui lembaga amil dan zakat maka akan lebih terjaga kesinambungan manfaat zakat tersebut. Belum seluruh masyarakat menggunakan pelayanan lembaga," kata Chief Executife Officer Rumah Zakat Indonesia, Virdha Dimas Ekaputra, di Jakarta, Senin (30/10).

Ia mengatakan salah satu program dari lembaga amil zakat selain di bidang sosial, adalah untuk menghimpun kepercayaan masyarakat terhadap lembaga formal tersebut.

Menurutnya persentase mayarakat yang mempercayakan pengolaan zakat dan infaq mereka kepada lembaga formal masih kecil.

"Dari potensi zakat senilai Rp19 triliun, diperkirakan hanya 5 persen saja yang terserap oleh lembaga amil zakat formal. Ini menunjukkan sebagian besar masyarakat masih belum menggunakan layanan lembaga untuk membayar zakat," katanya.

0 komentar: